Latest topics
» Bahaya Logam Berat Bagi Kesehatan ( Bag 1)
Fri Dec 02, 2016 2:32 pm by Firman

» SOD Alami
Thu Dec 01, 2016 4:55 pm by Firman

» Mengenal Enzim (Bag. 2)
Sat Nov 26, 2016 10:59 am by Firman

» Mengnal Enzim (bag. 1)
Fri Nov 18, 2016 2:46 pm by Firman

» Tak Perlu Suntik Kolgen , Ada Cara Alami Pertahankannya
Thu Nov 17, 2016 10:19 am by Firman

» Apa Perbedaan Jenis Kolagen?
Thu Nov 10, 2016 10:55 am by Firman

» Sumber Terbaik Omega-3
Fri Nov 04, 2016 2:52 pm by Firman

» Kalium, Sumber, Fungsi, dan Manfaat
Fri Oct 28, 2016 5:19 pm by Firman

» Manfaat Betakaroten
Fri Oct 21, 2016 4:35 pm by Firman

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Furl  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Pilih Mana: Protein Nabati atau Hewani?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pilih Mana: Protein Nabati atau Hewani?

Post  Firman on Tue Mar 08, 2016 4:05 pm

Protein terbentuk dari kombinasi sekitar 20 jenis asam amino berbeda yang semuanya dapat ditemukan di dalam makanan.

Tubuh manusia sendiri hanya memproduksi asam amino nonesensial, sehingga memerlukan asupan dari makanan yang mengandung protein.

Pilihannya ada dua, yakni protein hewani dan nabati. Protein hewani, seperti yang berasal dari daging sapi, daging ayam, susu, dan ikan, mengandung seluruh asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Sedangkan protein nabati, yang diperoleh dari satu jenis sayuran atau buah saja, terbilang tidak mengandung asam amino esensial yang lengkap.  

Bagaimana dengan mereka yang yang tidak mengonsumsi makanan hewani atau penganut vegetarian? Konsumsi saja berbagai sayur, buah, dan kacang yang berbeda, agar saling melengkapi.

Beras dan gandum-ganduman lain, termasuk havermut, misalnya, tidak mengandung asam amino lysine, isoleucine dan threonine, sehingga harus dikonsumsi bersama kacang-kacangan.  

Contoh mudahnya, Anda bisa makan nasi dengan lauk tempe atau tahu. Akan lebih baik lagi bila ditambah dengan mengonsumsi susu atau produk olahan susu lain.

Jika Anda suka makan kacang polong atau kacang merah, padukan dengan makanan pokok dari gandum plus kacang-kacangan. Ini karena kacang polong tidak mengandung asam amino triptophan dan methionin.

Sebaliknya, kacang-kacangan, seperti almond, kacang tanah, kacang mete, dan kuaci bunga matahari tidak mengandung asam amino lysine dan isoleucine, sehingga sebaiknya dikonsumsi bersama kacang polong.

Dinding sel yang paling sayuran terdiri dari selulosa. Selulosa tidak dapat dicerna oleh manusia. Dinding sel spirulina adalah mucopolysaccharides (gula kompleks) yang mudah dicerna, hasil cernanya melepaskan energi yang cukup untuk tubuh. Tes cerna telah menunjukkan spirulina  83-95% dapat dicerna.

Karenanya  protein dalam Spirulina dapat digunakan sebagai sumber pangan bagi manusia, karena keseimbangan cerna dan asam amino, adalah sekitar 90%, yang tertinggi dari setiap protein selain casein (standar di mana semua asimilasi protein secara ilmiah dievaluasi). Sebagai perbandingan, 8 ons steak adalah sekitar 22% protein hanya 15% dari yang digunakan oleh tubuh. Sehingga 8 ons steak memberikan hanya sekitar 1,8 ons protein, hanya 0,27 ons (7,6 gram) dari yang sebenarnya protein dapat digunakan. Sedangkan Spirulina,  70% protein dan 90% dicerna, memberikan 5 ons (140 gram) dari protein yang dapat digunakan dalam setiap 8 ons.
Protein pada spirulina 18 kali lebih banyak protein dari steak, dengan sedikit, jika ada, limbah. Selain itu, sebagian besar protein spirulina ini sudah dalam bentuk yang tepat seperti yang disentesis  di hati.
Untuk vegetarian, kedelai dalam bentuk tofu, tepung kedelai, dll, sering disebut-sebut sebagai sumber protein yang tinggi. Pada 37% protein dan hanya 25% dicerna (diserap). Seporsi kedelain berisi 8 ons setara dengan  74 ons (21 gram) dari protein daging steak  yang dapat diserap. Hal ini kali lebih baik dari steak, tapi hanya 1/7 dari protein spirulina.

Tepung gandum, makanan pokok utama di kebanyakan kelaparan diet orang sekarang, memiliki kadar protein tertentu.  Protein  tertinggi tepung gandum hanya 14% protein, dan hanya 9% dapat dicerna (digunakan).


Spirulina memberikan protein lebih bermanfaat 50 kali dari tepung gandum (2,8 x 50 = 140). Atau, untuk mengatakan dengan cara lain, dibutuhkan hanya 1/6 ons  (4,5 gram) dari Spirulina untuk mendapatkan jumlah yang sama dari protein  8 ons tepung gandum . Sehingga diet hanya dengan mengandalkan protein dari gandum tidak mencukupi kebutuhan protein .  Rata-rata laki-laki membutuhkan 43 gram protein dapat digunakan per hari, rata-rata perempuan 35 gram.

Firman

Jumlah posting : 102
Points : 304
Reputation : 0
Registration date : 05.06.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik