Latest topics
» Bahaya Logam Berat Bagi Kesehatan ( Bag 2)
Today at 2:14 pm by Firman

» Bahaya Logam Berat Bagi Kesehatan ( Bag 1)
Fri Dec 02, 2016 2:32 pm by Firman

» SOD Alami
Thu Dec 01, 2016 4:55 pm by Firman

» Mengenal Enzim (Bag. 2)
Sat Nov 26, 2016 10:59 am by Firman

» Mengnal Enzim (bag. 1)
Fri Nov 18, 2016 2:46 pm by Firman

» Tak Perlu Suntik Kolgen , Ada Cara Alami Pertahankannya
Thu Nov 17, 2016 10:19 am by Firman

» Apa Perbedaan Jenis Kolagen?
Thu Nov 10, 2016 10:55 am by Firman

» Sumber Terbaik Omega-3
Fri Nov 04, 2016 2:52 pm by Firman

» Kalium, Sumber, Fungsi, dan Manfaat
Fri Oct 28, 2016 5:19 pm by Firman

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Furl  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


mengenal zat kalsium

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

mengenal zat kalsium

Post  Firman on Wed Aug 05, 2015 2:47 pm

Kalsium merupakan zat yang dibutuhkan sejak bayi hingga usia tua. Jumlah kebutuhan kalsium dapat dibedakan berdasar jenis kelamin dan usia. Mineral yang diperlukan di dalam tubuh manusia.
Pada manusia normal, kandungan kalsium adalah 1,5%-2,2% dari berat tubuh (totalnya sekitar 700-1400 gr)
Kalsium banyak terdapat di dalam tulang dan gigi ( 99%),dan sisanya tersebar dalam darah dan jaringan lunak.

Apakah manfaat kalsium?

Kalsium mempunyai peran vital pada tulang sehingga dapat mencegah timbulnya osteoporosis. Namun kalsium yang berada di luar tulang pun mempunyai peran yang besar, antara lain mendukung kegiatan enzim, hormon, syaraf dan darah. Berikut beberapa manfaat kalsium bagi tubuh :
-Mengaktifkan syaraf
-Melancarkan peredaran darah
-Melenturkan otot
-Menormalkan tekanan darah
-Menyeimbangkan keasaman/kebasaan darah
-Menjaga keseimbangan cairan tubuh
-Mencegah Osteoporosis (keropos tulang)
-Mencegah penyakit jantung
-Menurunkan resiko kanker usus
-Mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, dan reumatik
-Mengatasi keluhan saat haid dan menopause
-Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui
-Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi
-Mengatasi Kaki tangan kering dan pecah-pecah
-Memulihkan gairah seks yang menurun/melemah
-Mengatasi kencing manis (mengaktifkan pankreas)

BERAPA KEBUTUHAN KALSIUM KITA?

1. BAYI SAMPAI DGN 6 BLN => 210 mg/hari

2. BAYI USIA 6-12 BLN => 270 mg/hari

3. USIA 1-3 THN => 500mg/hari

4. USIA 4 8 THN => 800 mg/hari

5. USIA 9 18 THN => 1300 mg/hari

6. USIA 19 50 THN => 1000 mg/hari

7. USIA 51 ++ => 1200 mg/hari

8. IBU HAMIL & MENYUSUI 1300 mg/hari

9. MANULA & MENOPAUSE 1200 mg/hari

AKIBAT KEKURANGAN KALSIUM

-Pada wanita hamil : gigi linu, sakit punggung pinggang ngilu, mual, insomnia dan keram
- Masa menyusui : gigi sakit, linu, sakit pinggang,
- Pengeroposan tulang (osteoporosis), tulang mudah patah
-Masa pertumbuhan : pertumbuhan terlambat,
- Menurunnya kekebalan tubuh (imunitas), pertumbuhan tulang tidak baik, kebusukan gigi.
- Orang dewasa : keram otot, tegang, dan sulit tidur, jantung berdebar tidak normal, badan pegal.
- Menopouse : sakit pinggang, insomnia, tegang, suasana hati tidak baik.
- Manula : Insomnia, osteoporosis, tulang mudah patah, tinggi badan menyusut.

19 Sumber Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi :

Ingin tahu, makanan apa saja yang mengandung kalsium tinggi? yuk kita simak penjelasan tentang 18 makanan yang mengandung kalsium tinggi berikut ini :

1. Keju
Keju Sumber KalsiumKeju merupakan makanan yang berbahan dasar susu, Keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi pada susu seperti, protein, vitamin, mineral, kalsium, fosfor, lemak dan kolesterol. Namun ingat susu juga akan menyebabkan ganguan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan

1.Yogurt,
Yogurt, merupakan susu yang diproses dengan difermentasikan oleh suatu bakteri baik. Yogurt sendiri bisa dibuat dengan menggunakan jenis susu apa saja, misalnya susu kedelai, namun pada umumnya menggunakan susu sapi. Dengan bahan utama susu, yogurt merupakan salah satu makanan yang tinggi akan kalsium, sebagai mana kandungan gizi yang dimiliki susu.

3. Sayuran Hijau
Bagi Anda yang kurang menyukai sayur-sayuran hijau, tidak ada salahnya mulai saat ini untuk mencoba menyukainya, hal itu dikarenakan sayuran hijau kaya akan kandungan kalsim yang tinggi, sehingga bisa menjadi salah satu sumber kebutuhan asupan kalsium bagi tubuh Anda. Sayuran yang tinggi akan kalsium misalnya sayur brokoli dan bayam.

4.Kacang kedelai
Kacang kedelai yang biasa untuk bahan baku tahu dan tempe, ternyata kaya akan kandungan kalsium, Karena apabila satu cangkir kacang kedelai direbus tanpa garam, makan akan menghasilkan 261 mg kalsium. Sehingga banyak juga yang memanfaatkan kacang kedelai sebagai minuman olahan sebagai susu kedelai.

5. Ikan Salmon
Selain kaya akan kandungan protein dan lemak sehat, yang ada pada ikan jenis salmon, ikan salmon juga kaya akan kalsium. 1 ons ikan salmon pada bagian tulang belakang yang sudah dikalengkan bisa mengandung kalsium yang cukup tinggi yaitu 181mg kalsium.

6.Buah-buahan kering
Kandungan kalsium pada buah kering sekitar 135 mg kalsium untuk 5 jenis buah, sehingga dapat memenuhi kebutuhan asupan kalsum yang diperlukan tubuh

7. Kacang Putih
Kacang putih adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang kandungan kalsiumnya sangat tinggi, karena setiap porsinya dapat mencapai 175mg, dalam 100 gr menghasilkan 442 mg kalsium, oleh karena itu kacang putih bisa dijadikan pilihan untuk anda sebagai pemenuhan kebutuhan akan kalsium bagi tubuh anda.

8. Lobak
Salah satu sayuran untuk campuran sup adalah lobak, lobak sendiri tenyata kaya akan kandungan kalsium yang cukup tinggi yaitu sekitar 200mg/ batang. Sehingga apabila Anda konsumsi sayur cup dengan campuran sayur lobak, selain kebutuhan vitamin A Anda terpenuhi sekaligus dapat memenuhi kebutuhan akan asupan kalsium.

9. Biji Wijen
Biji wijen yang biasa digunakan untuk kue tradisional Onde-onde ternyata memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Karena dalam 1 ons biji wijen menghasilkan 280mg kalsium, yaitu setara dengan satu gelas susu yang biasa Anda konsumsi.

10 . Susu kedelai
Susu kedelai yang dibuat dengan bahan dasar kacang kedelai juga mengandung kalsium yang cukup tinggi yaitu sekitar 300mg, apabila tidak dicampur dengan makanan apa saja.

11. Jeruk
Buah jeruk tentunya Anda sudah tahu, buah ini mudah ditemukan dimana saja dengan berbagai jenisnya. Buah jeruk sebagai mana sudah banyak yang tahu akan kandungan vitamin C nya, ternyata buah jeruk juga kaya akan kandungan kalsium yaitu sebanya 60mg/ buah.


12.Oatmeal
Salah satu makanan yang kaya akan karbohidrat dan serat yaitu outmeal, yang juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Kemudian outmel juga mengandung kalsium yang tinggi, yaitu sekitar 105 13. Ikan Sarden.

13 Ikan Sarden
Ikan sarden kami yakin cukup familiar bagi Anda, sarden adalah jenis makanan olahan dari ikan yang dikalengkan. Sarden dapat memenuhi kebutuhan kalsium untuk tubuh Anda sekitar 33%. Oleh karena itu konsumsilah sarden paling tidak seminggu sekali per kaleng untuk satu mangguk.

14.Tofu / Tahu
Satu lagi makanan olahan dari bahan dasar kedelai, yaitu yang bernama Tofu yang tidak jauh beda dengan tahu, biasa disebut juga tahu jepang. Tofu sendiri diolah dari endapan sari kedelai yang sudah difermentasikan, mempunyai textur lebih lunak dan tidak bisa tahan oleh pengolahan.

15. Kale
Kale adalah jenis sayuran yang masih tergolong jenis kubis-kubisan atau juga sering disebut Kol. 1 cangkir kale ada kandungan 90mg kalsium, sehingga 3,5 cangkir kale lebih bermanfaat dengan 1 gelas susu karena kalsiumnya lebih banyak.

16. Kinoa / quinoa
Salah satu makanan pokok masyarakat Indian di Pegungungan Andes amerika selatan adalah tanaman serealia semu yang biasa disebut kinoa, kenapa dinamakan serelia semu, karena tidak berasal dari jenis padi-padian. Daun kinoa bisa dijadikan makanan seperti halnya bayam biji. Biji kinoa bisa dijadikan salah satu sumber gizi yang kaya akan kandungan karbohidrat dan protein tinggi. Apabila diolah 1 cangkir bisa menghasilkan 60 100mg kalsium.

17. Brokoli
Brokoli adalah sayuran yang berasal dari bunga sayur kol jadi masuk golon gan sayur kubis-kubisan. Kandungan kalsium yang tingg pada brokoli sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Dibandingkan dengan sayuran lainnya brokoli termasuk sayur paling tinggi kandungan kalsiumnya yaitu 180 mg.

18. Kacang Almond
Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang biasa dijadikan cemilan, selain sumber kalsium kacang almond juga kaya akan kandungan vitamin E, kacang almond sendiri mengandung 70-80 kalsium.

19. Pisang
Pisang bisa dijadikan sumber kalsium bagi tubuh, selain mudah didapatkan, karena buah ini ada disegala musim. Pisang sendiri kaya kandungan mineral seperti , kalium , magnesium, fosfor , zat besi dan kalsium.
Demikianlah informasi dari kami tentang 19 makanan tinggi akan kalsium selain susu, sehingga menambah pengetahuan bahwa kalsium tidak hanya terdapat pada susu. Selain diatas masih banyak makanan yang kaya akan kandungan kalsium

Firman

Jumlah posting : 103
Points : 307
Reputation : 0
Registration date : 05.06.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik