Latest topics
» Bahaya Logam Berat Bagi Kesehatan ( Bag 1)
Yesterday at 2:32 pm by Firman

» SOD Alami
Thu Dec 01, 2016 4:55 pm by Firman

» Mengenal Enzim (Bag. 2)
Sat Nov 26, 2016 10:59 am by Firman

» Mengnal Enzim (bag. 1)
Fri Nov 18, 2016 2:46 pm by Firman

» Tak Perlu Suntik Kolgen , Ada Cara Alami Pertahankannya
Thu Nov 17, 2016 10:19 am by Firman

» Apa Perbedaan Jenis Kolagen?
Thu Nov 10, 2016 10:55 am by Firman

» Sumber Terbaik Omega-3
Fri Nov 04, 2016 2:52 pm by Firman

» Kalium, Sumber, Fungsi, dan Manfaat
Fri Oct 28, 2016 5:19 pm by Firman

» Manfaat Betakaroten
Fri Oct 21, 2016 4:35 pm by Firman

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Furl  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Pentingnya Menjaga Nutrisi Saat Berpuasa

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pentingnya Menjaga Nutrisi Saat Berpuasa

Post  Firman on Tue Jul 07, 2015 11:05 am

Nutrisi adalah hal terpenting yang diperlukan tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. Di hari biasa kita biasanya mendapatkannya 3-5 kali , tergantung dari seberapa sering kita makan.
Tapi saat berpuasa secara otomatis kita mengurangi asupannya menjadi 2-3 kali , yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Ini secara langsung akan mempengaruhi kerja tubuh kita.
Untuk itu diperlukan suatu cara agar tubuh kita tetap mendapatkan nutrisi meskipun kita sedang menjalankan ibadah puasa. Bagaimana caranya..?

Cara terbaik adalah dgn memilih jenis makanan yang akan Anda santap saat sahur atau saat berbuka.
Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan adalah makanan itu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral, air, protein, karbohidrat, dan lemak baik.

Air
Tak kalah penting dari karbohidrat, air dibutuhkan untuk mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh. Sebisa mungkin genapi kebutuhan cairan sebanyak 800 mL saat berbuka dan saat sahur, baik dari air putih maupun dari sumber lainnya seperti buah-buahan.

Karbohidrat
Pastikan nutrisi ini yang pertama kali Anda konsumsi ketika berbuka puasa. Selain mengisi ulang cadangan glikogen tubuh, karbohidrat memacu sekresi hormon insulin yang justru mengoptimalkan pertumbuhan otot Anda. Jangan berlebihan, ikutilah anjuran Nabi Muhammad yakni tiga butir kurma untuk berbuka.

Protein
Protein yang cukup dibutuhkan untuk memberi makan otot Anda serta meningkatkan pemulihan otot setelah berpuasa. Disarankan mengonsumsi sekitar 20g protein berkualitas tinggi (dari susu, telur, produk hasil perikanan atau kedelai) saat berbuka puasa. Teripang merupakan makanan yang banyak mengandung zat gizi, tetapi nilai kalorinya lebih rendah dari ikan, moluska dan cumi-cumi. Selain itu teripang juga mengandung vitamin B12, thiamin, ribovlavin, mineral, fosfat, besi, arsen, iodium, kalsium, magnesium dan tembaga.
Terpang juga mempunyai kolagen yang memiliki tekstur dan flavor khas dan disukai orang. Teripang kaya akan grow factor sehingga dapat memperbaiki sel-sel rusak. Kandungan protein mencapai 82% dan asam lemak essensial mujarab memperkuat sel hati untuk mengeluarkan antibodi. Karena itu juga teripang (gamat) kerap disebut imunomodulator.

Vitamin B kompleks
Grup vitamin yang satu ini berperan penting dalam mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi. Vitamin B kompleks banyak terdapat pada sumber tinggi protein seperti telur,susu kacang-kacangan dan Spirulina.  Spirulina dapat dikatakan sebagai sumber makanan yang paling baik, karena memiliki kandungan nutrisi makro dan mikro yang paling lengkap dibandingkan makanan lainnya.  
Kandungan spirulina lainnya adalah vitamin B1 atau Thiamin, vitamin B2 atau Riboflavin, vitamin B3, vitamin B12.  Masing-masing vitamin tersebut juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, sebagai contoh: vitamin B12 berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah, perbaikan sistem saraf dan pembentukan sumsum tulang.  Selain vitamin-vitamin tersebut,  Spirulina pacifica kaya akan zat gizi, mengandung 60% protein nabati, Vitamin B kompleks, Asam lemak esensial, Vitamin, mineral dan pigmen alami. Zat gizi dalam spirulina berguna untuk melengkapi kecukupan gizi yang diperlukan oleh manusia setiap hari.

Vitamin C dan Vitamin E
Kedua vitamin ini penting karena berfungsi sebagai antioksidan. Kadar antioksidan yang cukup dalam tubuh akan membuat Anda lebih bugar dan tidak mudah sakit. Vitamin C banyak terdapat di sayur dan buah-buahan, sementara Anda bisa mendapatkan vitamin E dari kacang-kacangan.
Ex-tar C Plus merupakan antioksidan kuat yang bekerja untuk melindungi tubuh, mencegah reaksi berantai dari radikal bebas sekaligus menstimulus sel imun untuk memperkuat daya tahan tubuh manusia.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3
Anda juga bisa memilih menu yang mengandung Omega-3 . Kandungan Omega-3 sendiri dapat ditemukan pada tuna, salmon, sarden, telur, dan kacang kenari. Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acid=PUFA). Contohnya adalah Asam linoleat, linolenat, Arakhidonat (AA), Dokosaheksaenoat (DHA), dan Eikosapentaenoat (EPA).
Asam lemak jenis ini sangat berguna untuk proses kecerdasan, penglihatan, sistem kekebalan tubuh, menanggulangi masalah arterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) dan penyakit jantung koroner.
Vitaluxor merupakan minyak ikan yang diproses dari ikan herring dan ikan sardine yang berasal dari perairan laut dalam Norwegia. Vitaluxor mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang sangat bermanfaat bagi tubuh yaitu Omega 3 DHA & EPA
Setiap softgel Vitaluxor 1000 mg mengandung 12%DHA dan 18% EPA, rasio terbaik yang direkomendasikan para pakar kesehatan di dunia
kandungan ini selain untuk menjaga kesehatan kolesterol darah juga dapat menjaga minyak alami dalam tubuh sehingga kulit tak akan tampak kusam dan kering saat berpuasa.

Firman

Jumlah posting : 102
Points : 304
Reputation : 0
Registration date : 05.06.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik