Latest topics
» Bahaya Logam Berat Bagi Kesehatan ( Bag 1)
Fri Dec 02, 2016 2:32 pm by Firman

» SOD Alami
Thu Dec 01, 2016 4:55 pm by Firman

» Mengenal Enzim (Bag. 2)
Sat Nov 26, 2016 10:59 am by Firman

» Mengnal Enzim (bag. 1)
Fri Nov 18, 2016 2:46 pm by Firman

» Tak Perlu Suntik Kolgen , Ada Cara Alami Pertahankannya
Thu Nov 17, 2016 10:19 am by Firman

» Apa Perbedaan Jenis Kolagen?
Thu Nov 10, 2016 10:55 am by Firman

» Sumber Terbaik Omega-3
Fri Nov 04, 2016 2:52 pm by Firman

» Kalium, Sumber, Fungsi, dan Manfaat
Fri Oct 28, 2016 5:19 pm by Firman

» Manfaat Betakaroten
Fri Oct 21, 2016 4:35 pm by Firman

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Furl  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Kebiasaan ini dapat meningkatkan gula darah

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kebiasaan ini dapat meningkatkan gula darah

Post  sendi on Tue Feb 24, 2015 4:38 am

Bagi anda yang memiliki riwayat diabetes tentu menjadi sangat penting untuk memperhatikan hal-n hal apa saja yang dapat menyebabkan gula darah naik. memiliki catatan tersendiri mengenai hasil pemeriksaan gula darah dapat memberikan gambaran bagaiamana riwayat kesehatan dari hari ke hari. Gambaran ini tentu sangat berguna sehingga kita bisa mengetahui kala apa gula darah naik atau stabil yang pada umumnya seringkali pada penderita DM dipengaruhi oleh beberapa faktor. Nah pada info ringkas kali ini Anda sebaiknya menyadari faktor-faktor tak terduga yang bisa meningkatkan kadar gula darah normal yang diambil dari berbagai sumber yaitu sebagai berikut :

1. Melewatkan sarapan
Menghilangkan sarapan dengan harapan akan menurunkan berat badan atau menghindari kegemukan seperti nya pandangan yang keliru Karena Berdasarkan penelitian di tahun 2013, wanita gemuk yang tak sarapan memiliki tingkat insulin dan kadar gula darah lebih tinggi usai makan siang beberapa jam kemudian daripada ketika mereka sarapan.

Studi lainnya dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, laki-laki yang sering tak sempat sarapan memiliki potensi 21 persen lebih tingi terkena diabetes. Menu sarapan yang kaya protein dan lemak sehat mampu menjaga kadar gula darah sepanjang hari.


2 Makanan berlemak
Penderita diabetes mungkin khawatir dengan kandungan karbohidrat dalam makanan mereka, namun studi terbaru menunjukkan bahwa kandungan lemak juga dapat mempengaruhi kadar gula darah. Sebuah studi dalam Journal of Nutrition di tahun 2011 meminta partisipan mengonsumsi makanan berlemak (dirancang untuk meniru makanan berlemak), lalu minum minuman manis enam jam kemudian. Kadar gula darah mereka 32 persen lebih tinggi dibandingkan saat tidak memakan makanan berlemak. Tampak bahwa tingginya lemak dalam darah mempengaruhi kinerja tubuh untuk membersihkan gula dalam darah.

3. Kafein
Kopi bagi sebagian orang sangat sulit untuk dihindari namun bagi penderita diabetes ada baiknya untuk mengetahui kadar gula darah mereka setelah minum kopi. Ada pada sebagian orang yang kadar gula darahnya naik setelah minum kopi. Hal ini juga bisa jadi dipengaruhi oleh gula yang ditambahkan pada kopi ( dan atau juga tambahan lainnsya seperti krimer misalnya) . Mereka yang sensitif terhadap kafein dapat meningkatkan gula darah

4. Infeksi dan daya tahan tubuh
Entah itu pilek, flu, atau bahkan infeksi saluran kemih, sistem kekebalan tubuh Anda melepaskan kuman untuk melawan zat kimia khusus yang dapat membuat gula darah berantakan.

Penyakit adalah bentuk stres yang membangkitkan pertahanan tubuh, demikian tertulis dalam buku Stopping Diabetes In Its Track. Salah satu efeknya yakni liver meningkatkan produksi glukosa untuk menyediakan energi lebih. Di saat yang sama, hormon stres dilepas, sehingga membuat lebih banyak sel insulin. Hasil akhirnya, kadar gula darah bisa meningkat drastis saat sakit.

Cypess mengatakan, ia punya aturan "hari sakit" pada pasien diabetesnya, yakni aturan makan dan minum untuk menjaga kadar gula darah agar lebih seimbang. Tetap terhidrasi dengan minuman non-kafein dan non-gula sangatlah penting. Hal itu dapat mengeluarkan kadar glukosa berlebih dan membantu kinerja tubuh lebih baik. Pasien diabetes juga dianjurkan memeriksa kadar gula darah lebih sering saat sedang sakit.

5. Kurang tidur
Jangan sepelekan waktu tidur , kurang tidur bisa menyebabkan gula darah naik Sebuah penelitian di Belanda menunjukkan, pasien diabetes tipe 1 yang hanya tidur selama 4 jam sensitivitas insulin mereka menurun 20 persen dibandingkan ketika mendapat jam tidur penuh.

"Tidur itu pemulihan," ujar pendidik diabetes di Joslin Diabetes Center Boston AS, Patty Bonsignore. "Tidak cukup tidur adalah bentuk stres kronis pada tubuh, dan setiap kali Anda menambah stres, kadar gula darah Anda akan lebih tinggi."

6. Merokok
Jelas bahwa kebiasaan merokok tidak sehat bagi siapapun, namun rokok pastinya berbahaya bagi penderita diabetes. Sebuah studi di California State Polytechnic University pada tahun 2011 menemukan bahwa semakin banyak nikotin yang terpapar dalam tubuh, semakin tinggi tingkat A1C-nya (ukuran kontrol gula darah). Tingginya kadar gula darah dalam tubuh dapat meningkatkan risiko komplikasi diabetes yang serius, seperti serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.


Dari berbagai sumber

sendi

Jumlah posting : 772
Points : 2191
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik