Latest topics
» Bahaya Logam Berat Bagi Kesehatan ( Bag 1)
Fri Dec 02, 2016 2:32 pm by Firman

» SOD Alami
Thu Dec 01, 2016 4:55 pm by Firman

» Mengenal Enzim (Bag. 2)
Sat Nov 26, 2016 10:59 am by Firman

» Mengnal Enzim (bag. 1)
Fri Nov 18, 2016 2:46 pm by Firman

» Tak Perlu Suntik Kolgen , Ada Cara Alami Pertahankannya
Thu Nov 17, 2016 10:19 am by Firman

» Apa Perbedaan Jenis Kolagen?
Thu Nov 10, 2016 10:55 am by Firman

» Sumber Terbaik Omega-3
Fri Nov 04, 2016 2:52 pm by Firman

» Kalium, Sumber, Fungsi, dan Manfaat
Fri Oct 28, 2016 5:19 pm by Firman

» Manfaat Betakaroten
Fri Oct 21, 2016 4:35 pm by Firman

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Furl  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Gizi bagi lansia jangan dilupakan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Gizi bagi lansia jangan dilupakan

Post  sendi on Mon May 19, 2014 3:45 pm

Jika kebutuhan gizi anak umumnya banyak sekali yang memperhatikan , bahkan diberikan yang terbaik bagi sang buah hati. Namun bagaimana dengan kebutuhan gizi lansia? Adakah yang memperhatikan sebaik memperhatikan kebutuhan gizi anak khususnya anak balita? Sudah tentu keduanya sama pentingnya karena ketika lansia mereka pun kembali tergantung dengan mereka yang lebih muda dan kuat baik dalam kegiatan sehari hari apalagi makanan yang dkonsumsinya.

Permasalahannya muncul jika pada anak lebih mudah untuk diatasi dengan permainan atau dengan kegiatan yang menarik agar anak mudah untuk mengonsumsi makanan namun tidak demikian halnya dengan lansia. Bahkan diperlukan kesabaran khusus untuk memahami lansia .

Bagaimana kebutuhan gizi lansia ? Masalah yang terjadi dapat saja kurang gizi atau lebih gizi. Mengatasinya tentu dengan pengaturan makanan

Serat.

Pada lansia kebutuhan serat perlu diperhatikan namun juga tidak terlalu banyak. Serat dapat digunakan untuk memperlambat penyerapan glukosa dan menurunkan kolesterol. Serat dapat diperoleh dari buah , sayur atau biji bijian. Konsumsi serat membantu mencegah sembelit. Imbangi konsumsi serat dengan air minum yang cukup

Lemak

Lemak jenuh tentu saja dihindari karena dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam darah sebaiknya lemak baik dapat diberikan. Ada baiknya juga mengganti minyak yang digunakan untuk menggoreng dengan minyak jagung atau zaitun yang digunakan dalam salad. Makanan gorengan beralih kepada kukus atau tim atau tumis yang menggunakan sedikit minyak

Air minum

Ada baiknya menyediakan air bagi lansia dalam wadah khusus agar dapat diketahui sudah berapa banyak yang dihabiskan dalam sehari. Jika kekurangan cairan atau dehidrasi dapat diketahui dari sini . Lansia juga sebaiknya tidak disarankan mengonsumsi kopi atau teh atau minuman bersoda. Jika mereka sudah mengalami diabetes konsumsi minuman diatas tentu saja sudah dilarang dikonsumsi.

Bersambung ....

sendi

Jumlah posting : 772
Points : 2191
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik